Campak pada orang Dewasa

Standard

Gejalanya sih sebenarnya sudah seminggu sebelumnya – di dahi dan leher timbul ruam-ruam merah, cuma karena belum benar2 drop jadi dikira hanya kurang enak badan aja.
Beberapa hari kemudian badan meriang dan sendi-sendi agak ngilu. Dan belakang telinga terasa sakit.
Akhirnya tadi malam sepulang dari MKG saat mandi malam terlihatlah itu semua totol-totol merah di seluruh badan :( bikin merinding yang lihat aja. Langsung deh ke dokter jaga 24 jam di rumah sakit. Diagnosanya sih virus doang tapi setelah browsing di internet kelihatannya ini campak rubella selain itu pengobatan yang didapat dari dokter pun ternyata sama untuk penyakit campak.
Obatnya : Isoprinosine 500 mg 3x sehari (15 butir, obat anti virus, harus dihabiskan), Ryzen 10 mg 1x sehari (5 butir, obat alergi), dan Doloneurobion 3x sehari (12 butir, untuk sendi).

Nih foto totol-totol merah yang dimaksud :
Campak

2 hari setelah seluruh badan keluar totol-totol merah, berlanjutlah tuh totol-totol ke arah kaki sedangkan di wajah mulai menghilang. Katanya sih ini tanda-tanda mau sembuh.
Besoknya kondisi makin membaik, hanya sendi-sendi yang masih bengkak dan gak bertenaga.
Syukur deh seminggu kemudian semua kembali normal.

Untuk yang sedang mengalami penyakit ini dianjurkan untuk banyak-banyak istirahat .. tidur sepuasnya, lalu minum sebanyak-banyaknya dari air putih, susu, teh, teh kembang, lo han kuo, hingga aneka juice soalnya suhu badan meninggi – kulit, mulut jadi kering. Untuk sendi-sendi yang kaku tetap harus banyak digerakan.

About these ads

4 responses »

  1. wahhh, tq infonya..kbtulan hari ini aQ didiagnosa gejala campak…ruam2 merah di wajah..dan demam…harapanqu smoga tidak berbekas di kulit ruam merahnya….:)

  2. wah
    aku kena campak
    hampir 1 bulan
    gejalanya timbul tenggelam
    pertama d wajah ama taangan
    seminggu kmudian agak normal
    ehh balik lagi, malah leher gatel banget
    ap campak bisa komplikasi ya?

  3. saya terkena campak, sudah minum isoprinosine 3x sehari dan neurobion 5000 1x sehari,tapi nyeri pada persendian sampai 2 minggu belum hilang, rasanya seperti kalau asam urat tinggi, ada yang bisa memberi informasi mengapa nyeri pada persendian lama sembuhnya(umur saya 52 tahun dan istri 50 tahun) dengan gejala yang sama. sementara anak-anak saya sudah sembuh total?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s