Cara Perpanjang SIM

Di Samsat Daan Mogot km. 11 Jakarta Barat :
1. Parkir bayar Rp 2.000
2. Lalu kita ke pos ‘KESEHATAN’ sebelah Pujasera (terlihat saat kita masuk bayar parkir tadi). Beli formulir pemeriksaan mata, kasih KTP asli untuk disteples di formulir tsb, bayar Rp 20.000
3. Pindah ke dalam, bawa berkas tadi, lalu pemeriksaan mata dimulai … formalitas doang disuruh baca beberapa baris aja
4. Setelah itu ke gedung utama pembuatan SIM, arahnya tegak lurus dari pos kesehatan tadi, cari deh gedung dengan tiang biru
5. Masuk dalam lalu langsung cari bank BRI, di situ ada 2 bagian : perpanjang SIM dan bikin SIM baru. Pilih yang perpanjang lalu beli formulir perpanjangan SIM Rp 80.000 (baru dapet tanda terima doang, gak usah diisi)
6. Lalu pindah ke loket di sebelah BRI, beli asuransi kecelakaan Rp 30.000 jangan lupa minta slip tanda terima-nya ya.
7. Pindah ke belakang loket BRI di situ ada loket PMI sekaligus ambil formulir perpanjangan SIM, sebelumnya kita disuruh beli PMI dulu terserah sih berapa, gw beli Rp 10.000. Lalu kasih slip pembelian formulir tadi untuk ditukar dengan formulir sesungguhnya.
8. Isi deh formulir yang tadi kita dapat.
9. Setelah itu masuk ke dalam cari loket 21 untuk menyerahkan formulir yang tadi sudah diisi. Serahin juga SIM asli. Di sini diminta Rp 50.000 nah ini gak jelas deh biaya untuk apa gak dikasih kwitansi pula. Saat ditanya ini untuk apa, katanya orang disebelah juga diminta biaya yang samašŸ˜¦
10. Setelah itu ke loket 23 untuk foto, langsung masuk aja nunggu di dalam karena gak ada panggilan. Nunggu sebentar langsung deh foto
11. Setelah foto ke loket 30 atau ruang tunggu, ruangannya besar, tunggu sebentar trus nama kita akan dipanggil untuk ambil SIM, bayar lagi Rp 5.000
Selesai deh ..

Nah saat keluar ngelewatin loket asuransi mampir dulu minta kartu asuransi yang tadi kita beli.
Prosesnya cepat gak sampe 1 jam, datangnya setelah makan siang aja sepi .. kalau pagi kayaknya rame deh. Gak usah pake calo lagian gak ada yang nawarin tuh .. pokoknya kerjain sendiri aja gampang banget

Jangan lupa bawa ini :
– Ballpoint
– Fotocopy KTP 2 bh
– SIM asli
– Uang kira-kira Rp 200.000
Pakaian yang rapih karena ini instansi pemerintah, pakai sepatu

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s