Menikah di Singapura

Menikah di Singapore adalah di ROM – Registry of Marriages.
Lokasinya di 7 Canning Rise, Singapore 179869.
Pendaftaran bisa melalui online http://www.rom.gov.sg
Persyaratan hanya paspor yang masih berlaku. Dan dibutuhkan 2 orang saksi juga menggunakan paspor sebagai nomor identitas.

Di pendaftaran online tersebut kita memasukan nama lengkap dan nomor identitas pengantin juga saksinya. Lalu memilih tanggal pernikahan.
Biaya pernikahan bila keduanya WN asing adalah 128 SGD (weekdays), 198 SGD (saturday, sunday, & public holiday), dan 298 SGD (popular dates).
Bilamana salah satu mempelai PR Singapore maka biayanya 26 SGD.

Namun 15 hari sebelum mendaftar (filing notice of marriages) salah satu mempelai harus tinggal di singapore. Tidak termasuk hari kedatangan. Hal ini tentu saja tidak perlu dilakukan bila salah satu mempelai adalah singaporean atau sPR.

Lalu 3 hari sebelum tanggal pernikahan kedua calon pengantin harus datang ke gedung ROM sesuai perjanjian yang kita dapatkan saat pendaftaran online. Ambil nomor antrian lalu menunggu untuk dipanggil. Nantinya kita akan diperiksa untuk dokumen2nya yakni paspor, KTP Indonesia, dan copy paspor para saksi. Lalu kita diambil sumpah bahwa semua data-data diri kita adalah benar adanya.

Kemudian di hari pernikahan tetap membawa identitas diri asli yakni berupa paspor kedua mempelai dan para saksi. Mempelai wanita dapat mengenakan simple wedding dress dan mempelai pria mengenakan jas resmi. Para hadirin sebaiknya mengenakan gaun maupun jas resmi agar foto pernikahan lebih baik lebih berkesan pernikahan sesungguhnya hehe. Datanglah setidaknya satu jam sebelum waktu yang ditentukan. Lalu gunakan waktu sekitar 30 menit untuk foto-foto di dalam gedung ROM. Karena kondisinya biasanya ramai dan kita perlu antri di beberapa lokasi foto. Jangan lupa menjelang 15 menit waktu perjanjian kita ambil nomor antrian dengan menscan nomor paspor kita atau memasukan nomor registrasi ROM kita di mesin antrian.
Tunggulah di depan ruang upacara (solemnization room). Ada 2 buah ruangannya dengan monitor di depannya. Nanti kalau sudah giliran kita akan terpampang di layar monitor apakah di solemnization room 1 atau 2.

Ruang solemnization ini lumayan memadai, dengan meja pernikahan untuk kedua mempelai, dua orang saksi, dan penghulunya. Letakan hand bouquet (bunga tangan) dan cincin kawin di atas meja pernikahan. Para hadirin sekitar 15-20 orang bisa duduk di dalam ruangan. Ada kursi2 disediakan. Segera videokan moment singkat yang berharga ini karena proses pernikahan hanya memakan waktu 10-15 menit saja. Kedua mempelai dan saksi akan diminta menunjukan identitas asli terlebih dahulu lalu dilanjutkan mengucapkan sumpah pernikahan. Setelah itu pernikahan disahkan dan tanda tangan kedua mempelai dan juga saksi di sertifikat pernikahan.
Jangan lupa untuk berfoto bersama penghulunya setelah selesai.

Setelah keluar dari ruang solemnization kita dapat melanjutkan acara foto2 di luar (di belakang) gedung ROM. Banyak spot menarik berupa taman juga ornamen jaman Belanda.

Selanjutnya untuk pengesahan di Indonesia adalah sbb :

1. Daftarkan/laporkan perkawinan tersebut di Kedubes Indonesia di Singapore. Bawa paspor dan identity card masing2 pasangan beserta certificate of marriage dari ROM. Nanti di kedubes isi Formulir Pendaftaran Perkawinan sambil memperlihatkan dokumen2 aslinya. Nah bukti lapor perkawinan tersebut yang nantinya kita gunakan untuk proses di Indonesia. Biayanya 32 dollar. Prosesnya 2 hari kerja. Sebagai informasi di Kedubes Indonesia di Singapore : pemasukan dokumen adalah pagi hari. Pengambilan dokumen yang sudah selesai adalah sore hari.

2. Balik ke Indonesia ke Catatan Sipil bikin Bukti Lapor Nikah, dokumen yg diperlukan :
– KTP (copy)
– Kartu Keluarga (copy)
– Paspor (copy)
– Akte lahir (copy)
– Bukti pendaftaran perkawinan dari kedubes RI di Singapura (asli dan copy)
– Certificate marriages from singapore harus dilegalisir terlebih dahulu di Kedubes Singapura di Indonesia (asli dan copy)
– Pas foto berdua berdampingan 4×6 sebanyak 4 lbr (spt yg diminta di buku nikah Indonesia)

Biaya gak jelas, resminya 300 ribuan tapi bisa jadi ampe 600 ribu lebih.

Setelah jadi nanti kita dapat 1 lembar Tanda Bukti Lapor Nikah. Tanda Bukti Lapor Nikah ini akan menjadi surat pengganti surat nikah di Indonesia.

Saya sendiri baru menjalani sampai proses Pendaftaran perkawinan di kedubes.

Kebetulan kami berdua WN Indonesia dan suami PR disini sehingga prosesnya mudah. Akan lebih sulit jika salah satunya adalah WN Singapura. Dan walau suami PR singapura tetap saja harus menunjukan paspor dan KTP Indonesia. Kedua saksi pernikahan kami adalah WN Singapura sehingga menggunakan IC Singapura.

Semoga tulisan ini berguna untuk teman-teman yang hendak melangsungkan pernikah di Singapura.

103 thoughts on “Menikah di Singapura

  1. Punya contact number gak mbak..? saya ingin nanya2 tentang pernikahan di singapore.. jika berkenan ini pin BB saya 744DCDF4

    Terima kasih

      1. Untuk saksi mendingan minta salah satu kerabat atau teman dekat. Kalau orang asing yg jadi saksi nanti kurang greget.

  2. wah thank buat blog ini…sangat brmanfaat
    aku jg pengen nikah di singapore cm kendalanya saksinya…pengenya ada orang indo yg disana brsedia jd saksi…
    help me please…aku jg gak tau..soal hotel yg memadai…

    1. Harus mbak itu ketentuan untuk foreigner yang mau nikah disini. Salah satu mempelai harus tinggal disini selama beberapa waktu.

  3. Hi niaky,

    Terimakasih sangat informatif

    Mohon infonya kalau salah satu calon pengantin harus tinggal 15 hari sebelum hari pernikahan apalah keharusan? Dan apakah maksudnya menetap di singapura selama 15hari atau boleh pulang pergi?

    Kalau 3 hari sebelum tanggal pernikahan untuk pengecekan data apakah juga keharusan? Dan termasuk dengan saksinya?

    Thx, maria

    1. Iya salah satu mempelai harus tinggal di sg selama itu gak bisa pulang pergi. Itu sudah ketentuan dari ROM. Nanti diperiksa stempel imigrasinya di paspor kita. 3 hari sebelum hari H kedua mempelai harus hadir sambil memperlihatkan dokumen2 yang diperlukan. Juga akan diambil sumpahnya bahwa segala data itu benar adanya. Pengambilan sumpahnya direkam. Tidak bisa diwakilkan. Kalau saksi tidak perlu hadir tapi copy identitas saksi harus dibawa dan diserahkan.

  4. mbak niaky sy mau nanya apa prosesnya tetap sama jika calon sy mempunyai working permit? lalu bahasa yg digunakan bahasa inggris atau gmn?

    1. Prosesnya sama hanya mungkin biayanya berbeda. Kecuali Singaporean dan sPR yang lain tidak ada subsidi biaya. Waktu pernikahan saya bahasa yang digunakan inggris. Kalau diperlukan penerjemah coba saja cari2 di websitenya.

  5. Hi,

    Proses setelah ROM apa ya?
    Apakah setelah dapat certificate of marriage lalu kita bisa pulang ke Jakarta?
    Atau ada hal yang harus kita lakukan terlebih dahulu di Singapore sebelum kembali ke Jakarta?

    Dan apakah ada yang perlu diurus terlebih dahulu di Jakarta sebelum pergi ke Singapore untuk ROM? Misalnya apakah kita perlu ke Singapore embassy di Jakarta, atau lainnya?

    Saya sudah 15 hari di Singapore & sudah daftar untuk ROM, tapi saya mau tau proses yang sudah terlaksana seperti apa.

    Terima kasih..

    1. Setelah dapat sertifikat dari ROM lalu mendaftarkan perkawinan tersebut di Kedubes RI di singapore. Nanti kita diberi surat keterangan dan surat tersebut akan digunakan untuk mendaftar di catatan sipil Indonesia. Untuk lengkapnya baca tulisan saya ya tentang pengurusan di Indonesia. Semua ada di situ.

      1. Daftar perkawinan ke Kedubes RI di Singapore harus di hari yang sama dengan hari pernikahan atau bisa beberapa hari kemudian baru daftar ke Kedubes RI?
        Proses di Kedubes brp lama ya? Bisa ditunggu atau harus ditinggal?

  6. maaf mbak, saya masi gak paham dengan point 6 “File notice of marriage” (I have physically stayed in Singapore for at least 15 days before filing this notice of marriage) kayaknya berbeda dengan penjelasan di atas, 15 hari terus nikah atau pulang and nunggu minimal 21 hari dulu untuk daftar nikah…thanks

    1. Iya betul 15 hari sebelum mengisi notice of marriages harus tinggal di singapura. Tidak termasuk hari kedatangan. Suami saya PR jadi waktu itu saya datang seminggu sebelum pernikahan. Terimakasih koreksinya ya.

  7. sorry mba mau tanya, apakah setelah melakukan ROM di SG trus lapor ke Kedubes Indonesia di SG apakah harus lagi mendaftar ke catatan sipil Indonesia

    1. Sepertinya data di Kedubes Indonesia di SG tidak sampai ke Indonesia deh sehingga kita harus lapor sendiri ke catatan sipil di Indonesia kecuali tidak ada rencana untuk tinggal di Indonesia.

      Bukti Lapor Perkawinan dari catatan sipil Indonesia itu yang nanti dipakai sebagai pengganti Surat Nikah (untuk mengurus akta lahir anak, dsb).

  8. Terima kasih atas infonya yang amat sangat membantu sekali. Saya berencana untuk menikah di Singapore bulan depan tapi juga kesulitan mendapatkan witnesses. Saya sebenarnya ada beberapa teman yang tinggal di Singapore (dan juga Singaporean asli) tapi masalahnya kita kagak begitu akrab (teman dari teman yang kebetulan pernah ketemu di beberapa outing bersama). Baru saja buat enquiry ke ROM, apakah ada kemungkinan mereka menyiapakn saksi bagi pasangan dari negara lain yang kesulitan mendapatkan witness. Saat ini, saya sedang menunggu balasan email dari ROM Singapore dan kalau itu semua tidak memungkinkan kita akan meminta bantuan dari kenalan saya. Will let you know guys kalau ada perkembangan bagus dari ROM mengenai enquiry saya. Mbaknya yang cantik, manis dan baik hati, kira-kira tahukah jawaban dari enquiry saya, dan atau pernah dengar kasus semacam ini. Many thanks!
    Cheers,
    Umi, xx

    1. Pada saat menikah nanti apa tidak ada kerabat yang datang sama sekali? Kalau saksi hanya diperlukan copy paspor saja dan mereka cukup hadir saat pernikahan saja.

  9. Hi mba nicky,terima kasih atas info nya…cuman saya msh bingung…kalo nikah dengan WN singapura nya lbh susah nya knp y?…tq

    1. Kalau saya pilih lapor soalnya mau balik Jakarta. Kebetulan suami juga sama-sama WNI.

      Barangkali di kemudian hari juga ada keperluan legal di Indonesia dan membutuhkan keterangan status kawin/belum kawin.

  10. Ass.mau nanya dan minta saran mba..
    01. Syarat nikah di sg hanya paspor sj? Apakah tdk diperlukan KTP,KK,AKTE KELAHIRAN & surat ijin nikah dr org tua /surat keterangan dr desa asal kita di indo?
    02. Stlh nikah di sg,kita bisa mndapatkan surat2 pernikahan resmi yg terdaftar di indo jg ?
    03. Bukti apa saja yg kita dapatkan setelah menikah di sg ?
    04. Jk kita lama tdk plg ke indo krn pekerjaan di sg, apakah bisa nanti kita bisa mendapatkan surat2 spt KK + AKTE KELAHIRAN jk kita punya anak nanti.
    Terima kasih atas saran dan bantuan nya.

    1. 01. Persyaratan memang hanya paspor kecuali jika sudah pernah menikah sebelumnya tentu harus menunjukan surat cerai. Atau bila masih dibawah usia tentu harus melampirkan surat ijin orang tua. Untuk lengkapnya silahkan cek di website resmi ROM. Untuk yang muslim website-nya ROMM.

      02. Tentunya kita harus mengurus surat-surat tersebut di Indonesia. Surat apa saja yang harus disiapkan ada di tulisan saya.

      03. Dari ROM : Certificate of Marriages, lalu kita daftarkan perkawinan kita ke Kedubes RI di Singapore.

      04. Kalau kita sudah punya Surat Lapor Perkawinan dari Catatan Sipil Indonesia tentu bisa dong mengurus akte lahir, KK, dan lain-lain.

  11. Ass. Mau tanya & saranya…
    Saya dan padangan saya adl sama memiliki work permit..sdh 2x work permit ,
    Yg sy tanyakan :
    01. Apakah hy paspor saja yg dibutuhkan utk menikah di SG ? Apakah tdk hrs disertai KTP..AKTE KELAHIRAN.. KK…SURAT IJIN ORG TUA…SURAT KETERANGAN DR DESA DMANA ALAMAT DI INDO SESUAI KTP ?
    02. Surat2 apa sajakah yg kita terima stlh menikah di SG ?
    03. Apakah jk kita punya anak nanti… Kita bs membuat Akte kelahiran anak kita,hanya dg surat yg kita dpt dr SG ? Atau kita hrs mendaftarkan lg pernikahn kita di catatan sipil di indo?
    Terima ksh atas jawaban & saranya.

  12. Kita berdua memiliki work permit sdh 2x work permit….
    Apakah semua syarat dan proses dll menyangkut pernikahan di SG.. Sama spt dalam tulisan anda…
    Ataukah ada perbedaan lain.

    1. Mbak Juli, saya menulis kan untuk sekedar info saja dan sepanjang sepengetahuan saya. Kalau memang akan menikah di Singapore coba pelajari via web resminya yaitu ROM atau ROMM bagi yg Muslim.

  13. Maaf mbak niaky saya mau tanya apa bisa seorang tkw yg kerja d singapore menikah dengan wna menikah di singapore.thnks

  14. Dulu mba niaky waktu filing notice of marriages kan pilih tanggal pernikahan…apa itu langsung di setujui ato harus nunggu confirm dri ROM lg?

    1. Langsung disetujui karena pilih tanggal yang memang masih available. Langsung bisa print (seperti) surat konfirmasinya.

      1. Emmm…ada referensi hotel ato sejenis penginapan yg agak murah..aman..untuk 17 hari disana ga mbak?thanks

      2. Barusan di grup yahoo ada yg menawarkan salah satu kamar di apartemennya utk disewakan. Namanya Julie Sihombing. Tel-nya : +65 96713244. Mereka sekeluarga dengan 2 orang anak. Dari Indonesia juga.

  15. Mb niacky…mo tanya lagi…
    Sudah pernah mengurus surat nikahnya di indo belum?kalo di indo kn saksi ga boleh org tua…tapi kalo di ROM ga ada keteranganya..kira2 kalo saksi orang tua nanti pas di kantor catatan sipilnya di permasalahkan ga ya?
    Thanks

    1. Surat Lapor Kawin saya sudah selesai. 10 hari kerja prosesnya.
      Waktu itu saksi saya adalah teman suami.
      Harusnya sih tidak dipermasalahkan ya. Yang mereka (Catatan Sipil Indonesia) lihat kayaknya cuma surat dari kedubes RI di Sg dan legalisir kedubes Sg di Indonesia pada Sertifikat ROM.
      Tapi kalau ada kerabat lain yang hadir bisa dipertimbangkan supaya mereka saja yang jadi saksi.
      Oh ya saat pendaftaran online dapat dilakukan langsung di gedung ROM, mereka menyediakan komputer2. Jadi bisa langsung ditanyakan ke petugasnya hal2 yang belum jelas. Jadi selesai tinggal di Sg jangan langsung pulang melainkan daftar langsung di ROM.

      1. Iya mba..aku pernah ke ROM tapi setelah liat tanggal yg aku rencanakan sebelumnya full booked jadi setelah stay disana aku langsung pulang dulu…
        Ini aku sudah daftar online tp bingung masalah paymentnya..kan harus pake credit card(eNets) nah itu caranya gimana ya?msalahnya aku klik tombol process kok ga loading padahal koneksi internet lancar..
        Apa aku harus ke website eNets dan punya akun eNets?atau pake debit card bisa?di website eNets aku kurang paham
        Mohon bantuannya. ..thanks

      2. nets itu kayak atm bca tapi keluaran bank singapore. Harusnya sih ada pilihan untuk bayar pakai visa atau master ya. Waktu itu suami saya sih yang daftar dan dia punya kartu nets. Coba cek lagi deh harusnya sih bisa pake kartu kredit lain krn kan memang membuka kesempatan untuk orang asing menikah disini.

  16. Iya mbak..memang ada pilihan master card n visa trus ada tombol cancel payment dan process..
    Aku pilih process trus ke halaman berikutnya nah ini yg aneh cuma ada kolom kecil tulisanya transaction notice ada 2 option …print details dan i’m done..aku tunggu beberapa menit kok ga ada keterangan selanjutnya. ..yaah macet disitu deh
    Tapi thanks ya mbak

  17. Tolong tanya mbak, waktu booking di ROM, apa disuruh pilih solemnizer nya ya? atau solemnizernya otomatis sudah ada sendiri waktu kita booking tanggalnya…
    Kasih tips berapa ya mbak ke solemnizernya.
    Terima kasih🙂

  18. Hi mbak nia, thanks yah infonya berguna sekali, btw sudah urus bukti lapor nikah di catatan sipil di indo belum? Mohon dishare apakah prosesnya sulit n biayanya akhirnya kena berapa.. Thanks yah

    1. Hai🙂 iya sy sudah urus Bukti Lapor Nikahnya. Udah dapat sertifikatnya. Sy pake calo ngurusnya. Tapi salah pilih calo, dia biasa calo paspor. Jadinya agak keteteran. Biayanya 1.250.000 juta.

      Kalau mau pakai calo harus calo yg memang biasa mengurus seperti ini. Kalau gak ada saran sy coba urus sendiri aja, bawa dokumen lengkap seperti yg sy tulis. Prosesnya sendiri di Catatan Sipil gak lebih dari seminggu.

  19. Mbak Niaky, saya tinggal di jogja berencana menikah di Singapura. Mengenai 2 orang saksi pernikahan bolehkah keduanya yaitu ayah dan ibu salah satu mempelai? jadi misalnya dua orang saksinya yaitu ayah dan ibu pengantin pria yang alamatnya sama karena hanya mereka yang sudah punya paspor. terimakasih sebelumnya atas jawaban mbak Niaky..

  20. Hi Niaky,

    Thanks buat infonya. Mo tanya, untuk laporan ke kedubes, kedua mempelai harus hadir kah? apa salah satu aja boleh? Terus foto yg berdampingan itu harus dengan background merah ya?

    Thank you!

    1. Kalau laporan kedubes cukup salah satu aja. Tapi identitas asli keduanya harus dibawa untuk diperlihatkan saja nanti langsung dikembalikan

  21. saya wni dan tunangan saya wn amerika, berencana untuk menikah di singapura. apa persyaratannya sama saja? kami berdua pernah menikah dan bercerai, apakah surat cerai saya harus diterjemahkan? dan apakah status pernikahan saya akan sah, legal secara internasional? karena saya akan hijrah k amerika setelah menikah.

    terima kasih

    1. Sy kurang tahu ya mbak kalo sampe ke amrik. Kalo di Indonesia kan memang ada UU bagi warga negara yg menikah di LN yaitu dgn mendaftarkannya ke kantor catatan sipil utk diterbitkan Surat Bukti Lapor Nikah.

      Iya surat cerai dalam bahasa Indonesianya harus diterjemahkan ke bhs inggris

  22. oh ya mbk Niaky, bagaimana kalau saya tidak punya kartu kredit. karena sayalah sepertinya yg harus stay di singapura terlebih dahulu. apakah saya bisa membayar menggunakan kartu debit bca atau kalau ada alternatif pembayaran lainnya.

    terima kasih

    1. Sy kurang tahu juga kalo gak ada kartu kredit bayarnya pake apa krn pendaftarannya online.

      Mbak setelah stay di sg 14 hari langsung daftar aja. Datang ke gedung ROM. Daftar langsung disana jadi bisa sekalian tanya2.

      Waktu itu sy juga daftar langsung disana tapi tetap online pake komputer mereka. Kebetulan suami sy PR disana dan bayarnya tetap pake kartu.

  23. Hi, saya mau nanya kalo untuk WNI yang menikah dangam WNA dan kami berdua bukan residen di singapur, kami berdua tinggal di indonesia, apakah kami berdua harus menetap di singapur selama 15 hari atau salah satu dari kami saja yang menetap di singapur selama 15 hari? Apakah kita bisa menikah di ROM atau harus di ROMM krn kita berdua agamanya islam.
    Terima kasih atas infonya ya…

    1. Cukup salah satu saja yg tinggal di singapura. Kalau keduanya beragama Islam mungkin sebaiknya di ROMM ya. Sy sendiri nikahnya di ROM – pelaksanaannya mirip janji di Gereja.
      Nanti kalau sudah tinggal di singapura jangan langsung pulang, ke ROM untuk daftar sekalian tanya2 supaya lebih jelas.

      1. Thank you for your fast answer, sebetulnya saya dan pasangan WNA sudah menikah secara agama di indonesia, karena kami terbentur dengan kelengkapan dokumen di KUA maka kami hrs mencari alternatif untuk mendapatkan surat nikah, saya sudah buka website ROMM ternyata persyaratan nya hampir sama dengan di KUA yaitu harus ada surat keterangan status single yg mana surat tsb tidak bisa kita lengkapi bahkan kita udah datang ke gemeente di belanda mereka ttp tidak bisa memberikan surat tsb karena pasangan saya sudah tidak tinggal di belanda sejak thn 1990, jika dia mendaftarkan dirinya kembali sbg residence di belanda maka otomatis dia harus membayar pajak di belanda. Pertanyaan nya apakah kami bisa menikah di ROM karena saya baca persyaratan ROM lebih simple dari pada ROMM btw pasangan saya baru pindah agam islam. Makasi banyak atas infonya

      2. Kalau di ROM sih gak diminta surat status single ya. Kalau begitu menikah di ROM saja ya. Di sana tidak ada pertanyaan tentang agama. Kalau mau lihat bagaimana pernikahan di ROM search saja di youtube.

        Terimkasih juga sama2.

      3. Kak niaky…
        Saya mahu tanya saya dan calon suami sama2 muslim, kalau kami berdua nikah di ROM bisa gk ya? Soalnya kalau di ROMM kami berdua harus ada surat single, dan calon suami tk bisa urus surat single di Malaysia karena kerjaannya yg padat. Calon suami dah kerja di Singapura dari 2010 dan saya pernah kerja di singapura .

  24. Semangat siang Mba Nia, saya bersyukur sekali dengan adanya blog mba Nia ini.
    Saya dan keluarga akan stay di Singapura 15 hari untuk memenuhi persyaratan menikah di ROM.
    Tiba di Singapura 4 november 2014.
    Setelah 15 hari (hari ke 15) yaitu 19 november 2014 saya ke ROM untuk daftar online Notice of Marriage.
    Apakah rencana saya sudah benar? hari itu juga sudah bisa dapat Notice of Marriage?
    Jadi kami bisa pulang ke Jogja 20 November 2014. Kemudian pembayaran lewat kartu kredit tanggal berapa ya?Terima kasih sebelumnya atas bantuan jawaban mba Nia

    1. Kayaknya dah benar ya. Pembayaran tuh langsung saat daftar online itu. Semoga sukses ya. Cek semua paspor supaya masih berlaku sampai hari H.

      1. Amin. Terima kasih atas doanya, mba Nia. Kebahagiaan dan kesuksesan selalu menyertai mba Nia dan keluarga..🙂

    1. Mba Puji kayaknya sih bisa menikah di singapura karena memang syarat2nya mudah. Yang perlu dipertimbangkan adalah setelah menikah di singapura lalu bagaimana? Setelah tidak bekerja di singapura apakah akan kembali ke Indonesia atau Bangladesh? Kalau saya dan suami berdua orang Indonesia dan kami sudah mengurus surat2 tersebut sampai ke Indonesia jadi pernikahan kami sudah benar2 terdaftar sampai di Indonesia. Pertimbangkan baik2 ya.

  25. Semangat siang, mba Niaky..apakah bisa mendaftar ROM secara online setelah pulang dari Singapura? jadi misalnya sudah 17 hari berturut-turut di Singapura, trus sampai di Indonesia daftar ROM secara online. Mohon pencerahannya, terima kasih mba Niaky..

    1. Bisa sih kan online tapi apa gak mendingan daftar langsung jadi bisa sekalian tanya2. Dulu suami juga daftarnya langsung disana dipandu oleh petugasnya.

  26. Selamat siang mbak niaky🙂
    pernikahan di Singapura selain mendapat Certificate of Marriage (Akta Nikah), Surat Lapor Pernikahan (dari KBRI), dan Tanda Bukti Lapor Pernikahan LN (Catatan Sipil) apakah mendapat Kutipan Akta Pernikahan ya?
    Saya sendiri sebenarnya kurang mengerti apakah Kutipan Akta Pernikahan status hukumnya dapat digantikan oleh dokumen diatas tadi. Tapi saya baca untuk pernikahan di Australia selain mendapat Surat Lapor Pernikahan (dari KBRI) juga dapat mengurus Kutipan Akta Pernikahan.
    Pertanyaan kedua untuk pelaporan Pernikahan di Indonesia apakah harus sesuai KTP salah satu pasangan atau dapat berdasar domisili saja?
    Saya dan pasangan berKTP Jawa Tengah tapi domisili Jakarta.

    1. Maaf mba Ita sy malah baru tahu Akta Kutipan Nikah hehe. Kalo pengalaman sih cuma dapat sertifikat nikah dari ROM, lalu kita minta surat pencatatan nikah di kbri singapura. Lalu kita bikin Surat Lapor Nikah di Indonesia. Kebetulan KTP sy sama dgn tempat tinggal jadi sy ngurusnya ya di wilayah yg sama. Maaf ya kurang membantu.

  27. Selamat malam mbak nia,
    Saya mau tanya kalau yg sesama agama muslim nikah di ROM bisa gk ya?
    Soalnya kalau di ROMM harus pakai surat lajang, sementara calon suami gk bisa pulang ke Malaysia karena busy dgn kerjaannya. Calon suami saya org Malaysia. Dan udah kerja di Singapura dari 2010. Saya dan suami dah nikah agama di Indonesia, cuma karena prosedur yg berbelit belit kami belum dapatkan surat nikah. Jadi saya dan suami mau nikah di Singapura saja secara sipil .

    1. Kayaknya bisa yah, gak pernah baca tuh yang muslim dilarang menikah di ROM. Calonnya kan kerja di singapura, coba aja datang langsung ke ROM tanya2 (hari Sabtu buka kok, setengah hari).

      Oh ya tanya juga di Indonesia dan Malaysia nya kalau nikah dengan warga asing di luar negeri apakah tetap bisa mengurus Surat Lapor Nikah, maksudnya apa ada persyaratan tambahan diluar yang saya ceritakan di blog.

  28. Semangat siang mba Nia. Kalau kisaran harga biaya make up & hair do per orang di salon Singapura berapa SGD ya mba Nia? Thanks mba Nia…

  29. selamat malam mbak nia, mau tanya : untuk akte cerai khan hrs diterjemahkan ke bhs.inggris terlebih dahulu, apakah setelah diterjemahkan hrs dilegalisir di catatan sipil saja atau sampai ke kedutaan ?
    Terima kasih, mbak

    1. Kemarin sy ngurus permanent residence pakai ijazah, akte lahir dsb. Cuma diterjemahkan aja, tp penerjemahnya yg udah punya nama. Gak dilegalisir tuh. Sertifikat dan akte lahir asli harus ditunjukan. Jadi kayaknya surai cerai juga spt itu ya tidak perlu dilegalisir.

  30. Siang mba Niaky, kami sudah mendapat Certificate of Marriage dari ROM dan sudah pulang ke Indonesia. Kami berencana ke Singapura lagi untuk melaporkan perkawinan di KBRI Singapura, Jika Senin pagi (9.00-12.00) saya masukkan dokumen, hari apa saya bisa mengambil dokumen yang sudah jadi? untuk menentukan tanggal tiket pulang. Terimakasih sebelumnya atas jawaban mba Niaky🙂

  31. Salam kenal ya.. Thank u so much for your sharing… this information really helps me a lot..

    tapi kalau boleh, aku mau tanya 2 hal :

    1. hari apa waktu itu kamu dan suami melaksanakan solemnization ? karena kan 3 hari sebelumnya harus datang untuk melaporkan dokumen-dokumen, kalau kami berencana menikah pada hari senin, apakah 3 hari itu termasuk sabtu dan minggu, jadi kami datang hari jumat ? atau yang dimaksud 3 hari kerja ?

    2. untuk pelaporan di KBRI singapura, harus membawa dokumen-dokumen asli termasuk paspor dari kedua mempelai ya ?? pelaporan di pagi hari sampai jam berapa ya ? lalu pada saat pengambilan dokumennya (setelah 2 hari kerja), apakah harus kedua mempelai atau salah satu atau boleh diwakilkan kerabat ?

    Mohon pencerahannya…

    Terima kasih banyak atas informasinya.. ^_^

    1. Halo Fena,
      1. Saat pendaftaran online akan diberitahu kapan kedua mempelai harus datang sebelumnya untuk pengambilan sumpah bahwa dokumen2 dan data adalah benar adanya.
      2. KBRI kita memang membagi dua jadwal : pagi untuk pendaftaran, memasukan dokumen2. Dan sore untuk pengambilan dokumen2 yang sudah jadi. Sebelum jam makan sianglah ya. Waktu itu saya juga yang ambil jadi kurang tau bisa diwakilkan tidak. Coba aja ditanya sebelumnya. Tiga hari juga sudah jadi kok suratnya.

  32. mb niaky, sy dna brencana mnikah dgn Sporean di SG. tp kmi jd hopless, gara2 tmn cal.suami bilang, kl skrng menikah dgn foreigner susah krn praturan pmrintah ketat untuk foreigner yg mau bkerja dan tinggal di SG( trmasuk buat PR). pdhal pkrjaan cal.suami bagus n sdh punya tmpt tinggal pribadi, sdangkan sy sdh bolak -balik SG dr thn 2003, krn ka2 n ibu tinggal di SG(sporean n visit pass 5thn), sy jg prnh skolah di SG slama 6bln. info nya PR bs release, kl cal.pengantin bs hdup layak di SG . Apa sy boleh kopi darat dgn mb niaky? sy lg d SG pake extend visit pass 30hr. kl boleh ini email sya, dn_oey@yahoo.com . mohon pencerahan mb, terimakasih.

    1. Hopeless tentang apa menikah di sg atau tentang PR atau tentang mendapatkan kerja? Sy kurang ngerti pertanyaannya mbak hehe.

  33. maaf mb, mksud saya hopeless untuk dpt PR (permanent resident).. ap mb niaky punya pengalaman mengenai pengajuan PR. terimakasih

  34. Hai Mbak Niaky, salut sama mbak niaky yang sabar banget jawabnya. Saya ada satu pertanyaan lagi, untuk proses tanda bukti nikah di kedubes, sewaktu submit apa pasangan harus datang lengkap ya? atau bisa diwakilkan salah satu saja yang penting dokumen lengkap? Saya sudah coba browse di web kedubes indo-sg tapi ga nemu infonya😦
    Thanks in advance ya mbak.

    1. Hai mbak, untuk pengurusan di KBRI cukup salah satu saja. Memasukan dokumen jadwalnya sblm jam 12. Pengambilan dokumen (bila sudah selesai) diatas jam 1.

    1. Pd saat kita masuk Singapura di paspor kan distempel tanggal oleh petugas imigrasi, setelah memenuhi syarat lama tinggal lalu kita tunjukan ke MOM.

      1. 1. Jadi setelah tinggal slama 15hr itu besoknya si calon ke MOM dulu baru daftar online ke ROM gt mba ????

        2. Kalo sama sama dr WNI jg wajib lapor ke MOM yaaa ? Bknnya yg lapor klo slah satu calon org SG ????

        3. Untuk pembayaran ROM wajib dengan kredit card atau debit jg bisa ???

        4. Kalo mau ke ROM ambil MRT yg kmn ??? Mohon penjelasannya mbak

  35. Mbak saya mahu tanya, saya warga indonesia rencana mahu nikah dgn org singapore dan kami sudah mengajukan pernikahan dari bln 5 tp yg menjadi masalah calon suami saya belum jatuhkan talak pada istrinya karena isterinya pergi meninggalkan calon suami saya dah 2 th, kira boleh tak kami melanjutkan rencana pernikahan dan apa solusi terbaiknya mbak. Trima kasih

    1. Mba Efa kalau suaminya singaporean berarti pernikahan pertamanya sudah tercatat ROMM (untuk yg muslim). Saya kurang tahu peraturan pernikahan secara muslim. Coba datang langsung aja ya.

  36. Hi mb niaky.. sy mau tanya. Apa setelah menikah di rom itu ada batasan waktu untuk lapor ke indonesia embassy? Brp hari setlh nikah kita harus lapor ke embassy?

    1. Mba Sari sy kurang tahu mengenai hal ini. Kalau memang akan mengurus surat2 di Indonesia sebaiknya langsung dilaporkan saja toh proses di kedubes sini cepat.

    2. Oh ya mendadak teringat kalau ada kurun waktu tertentu untuk melaporkan pernikahan kita (WNI) di luar negeri ke catatan sipil (Indonesia) jadi sebaiknya segera diurus lapor ke kedubes nya ya.

  37. mba Nia, kalo misalnya sehabis nikah di ROM, kan didaftarkan di catatan sipil Indonesia, ketika didaftarkan begitu, diminta surat keterangan agama ga, utk make sure kalo dua pihak sama agamanya? trus, kalo sudah dicatat, berarti surat nikah sudah legal di Indonesia? trims

    1. Waktu saya sih gak diminta surat keterangan agama. Harusnya sih legal ya Surat Lapor Nikah karena memang ada aturannya bahwa WNI yang menikah di luar negeri wajib lapor dalam kurun waktu tertentu. Coba deh cari tahu. Rasanya saya pernah baca.

      1. oya mba nia, saya udah daftar nih di ROM, nah syarat di Verification of document nya yg harus dibawa salah satunya ada letter atau certificate of impediment. mba ada gak syarat gitu waktu nikah dulu? n itu apa ya mba? sebagai WNI butuhkah punya letter of impediment?

  38. Untuk pernikahan di singapura apakah harus ditahun yang sama? Setelah kita memenuhi 15hr tinggal disana apakah harus langsung daftar atau bisa ditahun yang berbeda, tq

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s