Makanan Enak di Singapura

Sebelumnya sekedar informasi … sebagian besar penduduk singapura tinggal di hdb (istilah apartemen di singapura) dan di tiap hdb tersebut selalu dilengkapi tempat makan. Istilah untuk tempat makan ini adalah hawker center, kopitiam, food center, atau cooked food center. Makan di sini lebih murah dan ada dimana-mana.

Berikut daftar makanan yang menurut saya enak, hasil tinggal selama 8 bulan di singapura :

MAKANAN UTAMA

Chilli Crab
Rasanya mirip kepiting saos padang tapi lebih enak karena kepiting disini kualitasnya lebih segar dan ukurannya besar. Yang enak adalah di No Signboard Seafood dan Jumbo Seafood.
Hati-hati dengan jenis kepiting yang dipesan. Tanyakan dan pastikan dulu harganya. Karena disini semuanya impor, kadang impornya terlalu jauh misalnya Kepiting Alaska naahh lhooo muahallllll.

Fish Soup
Ada dimana-mana hampir di setiap kopitiam maupun food center. Yang enak menggunakan ikan tenggiri namun sekarang banyak yang menggunakan fishsong. Untuk kuahnya terkadang ada yang ditambahkan susu.

Fish Ball Noodle
Mie dengan baso ikan, daging babi cincang, iga babi, dan sebagainya. Mie-nya dicampur dengan soy sauce, tomato sauce (I think), singapore sweet sauce (I prefer kecap bango, ABC).
Kadang ada juga yang taste-nya sesuai dengan lidah kita.

Prawn Noodle
Mie kuning yang besar dengan kuah kaldu babi dan udang. Isinya tentu saja udang dan daging babi. Yang enak adalah Blanco Court Prawn Mee di 243 Beach Road.

Nasi Lemak
Menu sarapan yang tersedia di manapun di Singapura. Rasanya agak mirip nasi uduk. Dengan lauk pauk berupa sayap ayam goreng, aneka nugget goreng, teri kacang, sambal, otah-otah, tumis kacang panjang, dan tumis kol. Lauk pauk tersebut bisa kita pilih sesuai keinginan.

Glutinuous Rice (bacang)
Pilih bacang hokian isinya daging babi, jamur hioko, kacang, dan ebi. Yang enak adalah di Hong Kong Sheng Kee Desert dan Ho Kee Pao. Keduanya banyak terdapat di mal-mal. Googling aja ya outletnya ada dimana.

Otah – otah
Otak-otak disini rasanya berbeda. Yang enak adalah di Lee Wee Brothers – outletnya banyak dimana-mana. Harus dicoba crab otah-otah enak banget dimakan sama nasi putih hangat.

SNACK, DESERT

Rojak
Istilah rujak buah di singapura. Bumbunya menggunakan campuran petis. Buahnya sendiri sedikit hanya nanas, ketimun, dan bengkoang. Lalu ada cakwe dan tahu goreng. Lalu ditaburi kacang goreng yang sudah dihaluskan kasar.
Yang enak adalah Kovan Rojak di Kovan Market and Food Center di dekat Heartland Mall. Lalu rojak di food court Suntec.

Popiah
Lumpia Basah namun isinya sayuran, potongan ketimun dan gula pasir. Boleh dicoba sebagai pengalaman lidah haha. I miss lumpia basah Bandung 😙 ..

Roti Prata dan Naan
Roti prata digoreng dengan minyak sedangkan naan dibakar di dalam tungku besar. Dimakan dengan kari (untuk yang suka rasa kari yang kuat) atau bisa dicocol gula pasir (this is for me 😄).

Soya Bean, Soya Bean Milk, Grass Jelly
Must try at Selegie Soya Bean. Enak banget, sama sekali gak bau tahu.

MINUMAN

Istilah minuman di singapura :
Tea (baca : te) teh susu panas. Patut dicoba enak.
Tea O (baca : te o) teh manis panas tanpa susu.
Tea O Kosong (baca : te o kosong) teh tawar panas tanpa susu.

Coffee kopi susu panas.
Coffee O kopi panas tanpa susu
Coffe O kosong kopi pahit panas tanpa gula, tanpa susu

Barley hangat maupun dingin

Bandung rasanya kayak soda susu fanta merah

Sugar Cane air tebu pakai es enak segar sekali. Gak semua kopitiam atau food court tersedia.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s