Dokter di Singapura

Buat yang mau berobat ke Singapura carilah terlebih dulu referensi dari orang-orang dokter mana yang layak dikunjungi.

Hari ini saya baru saja berkunjung ke SGH untuk menemui hematologist (dokter darah) berkaitan dengan hasil test beberapa hari lalu dimana test d-dimer saya lebih tinggi dari range normal.
Test d-dimer itu akhirnya saya jalani setelah sebelumnya 10 bulan lalu saya test agregasi trombosit dengan hasil ‘cenderung hyperagregasi’ di Jakarta. Dan hematolog di Jakarta menganjurkan test lanjutan.
Saya belum sempat test lanjutan tersebut di Jakarta karena sudah balik ke Singapura – suami kerja di sini.

Yang mau saya ceritakan adalah betapa tidak simpatiknya dokter yang saya kunjungi di Singapura tadi. Dia bilang ‘banyak orang Indonesia yang kesini menanyakan hal seperti kamu yang tidak ada hubungannya’ (saya menanyakan kekentalan darah dengan kehamilan).
Kemudian dia bilang lagi ‘kalau kamu pendarahan mendadak di kaki, di jantung, di paru2 barulah test yang kamu jalani ini ada artinya’. Ya ampunnnn kalo begitu baru ke dokter mungkin udah terlambat kaleeeee.
Mulai kesal saya, tapi saya tahan mengingat biaya konsultasi 120 sgd.
Trus dia bilang gini ‘Saya gak ngerti kenapa dokter kamu di Jakarta menyuruh kamu test ini, ini tidak ada kaitannya dengan keguguran kamu tahun lalu’. Makin marah saya. Gak semua dokter Indonesia itu begooooo dan gak semua dokter Singapura itu pintarrrrrrr!!!!!!!
Yang menakjubkan dia bilang gini ‘Kalau kamu sudah keguguran lebih dari tiga kali baru kamu tuh test’ – ini yang bikin saya nangis sejadi-jadinya begitu nyampe rumah. Emang enak menjalani kuret???? Takutnya setengah mati!!!!!!

Setahu saya ada hubungannya antara kekentalan darah dengan kehamilan. Setahu saya angka d-dimer diatas normal harus dicek. Dan segala sesuatu yang bisa saya cegah akan saya lakukan.

Buat yang mau berobat ke sini sebaiknya tanya2 dulu sebaiknya ke dokter mana. Jangan asal ambil dokter.

Leave a Reply

