4. Memeriksa Kista & Miom di Singapore

Lanjut cerita lagi bagian ke 4 dari usaha untuk punya baby.

13 Oktober 2014
Hari ini siklus ke 11 waktunya periksa indung telur kanan sesuai anjuran Dr. Christophora W. Tapi karena saat ini saya sudah balik ke Singapore jadi terpaksa cari dokter disini. Pilihan jatuh ke Dr. Fong Yang di Fong’s Clinic for Women and Fertility. Rekomen dari indo-sing-mums Yahoo Group. Ternyata memang dokternya baik yah, sabar, dan menenangkan.

Hasilnya sama dengan Dr. Christophora W maupun Dr. Sugi S mengenai miom dan kistanya. Miom terbesar 8 cm (beda 1 cm dengan pemeriksaan Dr. Sugi S) ada di belakang tengah rahim – miom ini yang menyulitkan kehamilan karena dia akan menekan janin sehingga aliran darah terhambat.
Dua miom lainnya tidak begitu mengkhawatirkan.
Jenis miomnya Mioma Submukosa dan Mioma Intramural.

Googling mioma submukosa adalah miom yang letaknya di bawah endometrium dan menonjol ke dalam ronggs rahim. Sedangkan mioma intramural adalah miom yang terdapat di dinding rahim diantara serabut otot rahim.

Kalau kista di indung kiri menurut dokter bukan berisi cairan (di usg warnanya hitam, kalau cairan maka warna usg nya abu-abu) tapi kemungkinan darah. Bukan Kista Dermoid juga (saya tanya) tapi kemungkinan sisa haid yang masuk ke situ. Hadeuuuhh kok bisa ya?????

Yang agak melegakan adalah indung telur kanan kondisinya normal bahkan ada telurnya uk 17 mm, perkiraan matang 1-2 hari ke depan.

Pendapatnya sama juga harus operasi laparatomi karena ukuran miom yang terlalu besar. Jadi dua bulan sebelum operasi suntik obat dulu untuk mengecilkan miom nya lalu operasi, setelah operasi lanjut suntik obat lagi selama tiga bulan ke depan. Total butuh 6 bulan pengobatan, setelah itu langsung program hamil lagi.

Namun sebelum itu saya harus menaikan kadar haemoglobine dulu seenggaknya sampai angka 11 untuk bisa operasi.
Saya sendiri baru menyadari Hb saya rendah sejak test darah tahun lalu (sehabis kuret) hingga sekarang. Sekarang makin parah karena pandangan mata suka buram.
13 Agustus 2013 Hb 10.20 g/dL
02 Oktober 2014 Hb 8.89 g/dL

Lalu beliau juga lihat hasil test darah ACA IgG dan ACA IgM saya, normal katanya, jadi saya gak punya kekentalan darah (berkurang satu masalah, thank God). Berarti penyebab BO dulu bukan karena kekentalan darah ya.

Sempat was2 dengan biaya kontrol tapi ternyata konsultasi hampir 30 menit itu tetap dicharge 120 sgd plus biaya usg 85 sgd, total 205 sgd fiuuuhhhh. Untung dokternya menyenangkan jadi gak gitu nyesek bayarnya hehe. Suami juga cocok dengan dokternya.

Fong’s Clinic for Women and Fertility
18 Jalan Membina #02-02
Singapore 164018

Phone : +65 62767727

How to go there
Tiong Bahru MRT, exit A – begitu keluar di depan langsung ketemu ruko2, naik ke lantai atas, tinggal cari deh kliniknya. Gampang banget.

Biaya – konsultasi pertama 120 sgd (tidak termasuk USG) untuk 10 menit konsultasi, lebih dari 10 menit biayanya 150 sgd, lebih dari 20 menit tambah 50 sgd per 10 menit. Hehehehe saya aja kaget waktu baca price list nya. Tapi ternyata saya cuma dicharge 120 sgd plus biaya usg 85 sgd, total 205 sgd.
Nanti konsultasi berikutnya 50 sgd.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s