9. Pasca Laparatomi Miom dan Kista

Nyaris seminggu pasca operasi laparatomi, kalau dibandingkan dengan tindakan kuret Agustus 2013 lalu maka operasi laparatomi ini terasa lebih ringan. Aneh ya padahal jelas operasi ini lebih berat.

Gak ada rasa nyeri yang berlebihan, malah bisa dibilang nyaris gak ada. Bekas jahitan hanya terasa kaku dan tertarik.

Perawatan pasca operasi :
1. Bekas luka jangan terkena air sama sekali walau diperban anti air usahakan jangan mandi. Keramas di salon dulu, nanti kalau sudah bisa membungkuk bisa keramas sendiri di rumah. Badan sementara dilap saja dulu. Muka dan tangan dibasuh di wastafel.

2. Jangan membungkuk, jangan naik turun tangga, jangan angkat2 barang dulu, jangan mengejan kalau bab.

3. Untuk makanan konsumsi essence of chicken, sangobion femine kalau Hb nya setelah operasi rendah, banyak buah dan sayur supaya bab lancar.

18 Januari 2015
Lepas perban, genap 10 hari pasca operasi. Langsung dibawa mandi hehe pakai air hangat (hangat sedikit aja). Abis mandi dikeringkan dengan tissue dengan cara ditekan2 sedikit. Lalu diusap perlahan dengan alkohol, lalu diberi betadine. Biarkan sebentar hingga kering lalu ditutup perban dan diplester ujung2nya. Yuupppp dipakein perban lagi supaya gak bergesekan dengan celana. Perbannya tipis aja dan plesternya cuma di ujung2nya saja.
Oh ya pake CD yang setinggi pinggang, pilih yang bahannya agak strecth enak untuk menahan bekas jahitan supaya gak gampang ‘gerak’.

21 Januari 2015
Minum rebusan daun sirsak, 11 lembar plus tiga gelas air direbus hingga tinggal 1 gelas.
Lumayan bisa minum dua minggu sebelum balik ke singapore.

26 Januari 2015
Akhirnya suntik tapros juga setelah tawar menawar untuk gak suntik hehe. Takut sama ancaman Dokter Wachyu, “Nangis kamu nanti 6 bulan lagi, nyesel kamu nanti. Saya jamin kistanya muncul lagi setelah 6 bulan. Kalau miom setahun baru muncul. Saya kan sudah pengalaman. FSH kamu masih bagus jangan takut.”
“Dengan suntik tapros bisa menahan mereka (kista & miom) hingga 5 tahun kedepan, kamu bisa punya waktu untuk 2x hamil.” Katanya lagi.

Ya sudah akhirnya suntik, pertama 26 Jan, kedua 23 Feb, ketiga 23 Mar. Suntikan yang ketiga harus ketemu beliau lagi. Dua bulan pasca suntikan ketiga haid baru kembali normal. Kebayang lamanya menunggu untuk bisa promil lagi …

Harga tapros di YPK Mandiri dua juta rupiah saja, kok mahal amat ya … bukannya harganya satu juta sekian … naik harganya mbak … kata mbak apotiknya.
Keburu beli dua tapros karena suntikan kedua kemungkinan di Singapore eh ternyata penyimpanan tapros harus di freezer. Bawanya aja musti di cool box plus es batu. Apa bisa lewat di bandara yah … akhirnya tapros kedua dititipkan kembali ke apotik untuk dipakai sebagai suntikan ketiga.
Entah nanti di Singapore berapa itu harga tapros.

Hasil Patologi :
Makroskopik :
– 5 jaringan myom +/- 2 x 2 x 1.5 cm s/d 8 x 7 x 5 cm
– Jaringan dinding kista +/- 7 x 3 x 0.5 cm, tebal dinding 0.3 cm

Mikroskopik :
– tumor otot polos berganda dan berbatas tegas (myom)
– kista berdinding jaringan granulasi fibrotik bersebukan ringan sel radang menahun

Tidak tampak tanda ganas

Hasil Biakan/Kultur : Tidak ada pertumbuhan mikroorganisme

Untung ya hasilnya lumayan baik🙂

Pantangan makan : kedelai dan turunannya yaitu tempe, tahu, susu kedelai, dan kecap. Daging yang berprotein tinggi harus tetap makan. Itu pesan Dokter Wachyu.

6 thoughts on “9. Pasca Laparatomi Miom dan Kista

  1. Alo Mb Nia, aq jg pernah operasi laparatomi sm Dr Wahyu (September 2014), kmudian suntik tapros 3 kali. Alhamdulillah, tepat 7 bulan setelah operasi n terapi masalah tokso jg dg beliau, saya hamil. Walaupun kehamilannya berakhir dg keguguran. Dr Wahyu selalu mengingatkan fase pertama sdh bs sy lewati yaitu Hamil n tinggal fight lg utk fase selanjutnya. Semangat!!!

    1. Iya mba Farah semangattttt. Oh ya royal jelly murni (beli di peternakan madu pramuka di cibubur), bekatul, omega 3 (fish oil), dan putih telur kampung rebus katanya bagus untuk promil. Kurangi semua yg mengandung gula. Semoga berhasil ya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s