Grade 8 ABRSM Piano

Grade 8 Pieces
– Di awal berlatih harus mengikuti fingering yg tertulis di partitur. Kalau tidak cocok segera ganti. Selanjutnya pakai fingering yg sama.
– Latih pelan dulu, tidak perlu terburu2 menambah kecepatan
– Latih phrase per phrase hingga baik baru kemudian per bagian dan terakhir keseluruhan
– Permainan dinamik harus kontras kecuali pieces A (jaman barok) nyaris tidak ada dinamik
– Harus sering berlatih bermain tanpa stop walau ada salah
– Tapi harus sering khusus berlatih di bagian yg salah juga. Stop di bagian tsb, latih hingga benar, baru lanjut

Kalau tidak mau hapal maka :
– Harus dibiasakan melihat/berpikir 1 bar lebih maju daripada yg sedang dimainkan.
– Nyanyikan dalam hati.
– Harus dimainkan setiap hari, karena biar bagaimanapun otak kita tidak bisa “menyimpan” terlalu lama.

Tapi sebaiknya dihapalkan mengingat saat ujian itu rasanya tegang banget.

Grade 8 Sight Reading
– Main dengan slow tempo saja supaya bisa mengurangi kesalahan dan permainan bisa terus berjalan
– Tapi dinamik harus dimainkan
– Dan tekan tuts harus yg mantap, jelas, jangan ngambang atau ragu2 spt biasanya saat kita latihan
– Saat diberi kesempatan mempelajari, coba rythem-nya dan cari tahu not2 yg jauh diatas/bawah ledger line.
– Analisa : perlu pakai pedal gak dan hati2 teliti ada petunjuk ttg pedal gak
– Setelah itu baru dicoba dimainkan
– Hati2 dengan tanda mula

Pas ujian materinya jauh lebih gampang tuh .. tapi karena terlalu berhati2 jadi mainnya lambat banget hehe. Harusnya kalau materinya segampang itu bisa lebih cepat temponya.

Grade 8 Aural Test
8A(i) melodic repetition – sing from memory the lowest part of a three-part phrase
– Ulangi starting note agak panjanggg saat jeda waktu hingga dimainkannya pieces tersebut. Ingat “warna” suara rendah tsb baik2.
– Benar2 fokus mendengarkan nada2 rendah tsb, ingat “warna suaranya”, jangan sampai pikiran kita terbawa ke nada2 tinggi
– Lebih mudah untuk diingat jika mendengar secara keseluruhan, ingat ide nada2 utamanya (ear catching). Lakukan hal ini saat dimainkan pertama kali.
– Kalau masih sulit hapalkan 50% bagian awalnya saja. Lakukan hal ini saat dimainkan untuk yg kedua kalinya. Sisanya terpaksa improvisasi. Coba utk ikut dinyanyikan di permainan kedua
– Kalau ada beberapa not yg susah diingat hilangkan saja, ambil yg mudah diingat. Seenggaknya ada bagian yg benar masih ada poin-nya. Soalnya kalau fokus ke bbrp not yg susah itu malah takutnya buyar semuanya.
– Ketuk beat-nya juga dapat membantu mengingat lagunya.

8A(ii) cadence
– Dengarkan baik2 dan ingat key chordnya.
– Fokus ke bass (biasanya bagian kiri)
– Hati2 dgn 1 chord sblm chord terakhir untuk plagal cadence
– Pakai reminder jari : 1 (perfect), 5 (imperfect), 6 (interrupted), 4-1 (plagal). Lalu kiri utk minor, kanan utk major.

Perfect Cadence : terasa full stop, chord :
Va – Ia
V7a – Ia

Plagal : final tapi lembut, gak setegas perfect cadence, harus didengarkan chord sebelumnya.
IVa – Ia

Hati2 Perfect dan Plagal terasa mirip, harus didengarkan chord sebelumnya. Chord V terasa lebih ‘tegas’ yeudibandingkan chord IV.

Imperfect Cadence : kayak ada kelanjutannya yakni menuju tonik. Jadi coba dinyanyikan kelanjutannya itu di dalam hati.
Ia – Va
Ic – Va
IIa – Va
IIb – Va
IVa – Va

Interrupted Cadence : kayak ‘ngambang’, kadang terasa minornya
Va – VIa
V7a – VIa

8A(iii) Chords, name the last three chords
– Benar2 dengarkan kembali key-chordnya, itu sebagai nada tonik (nada I)
– Lalu fokus ke kiri, dengarkan bass-nya
– Kalau jawab cadence-nya benar maka dua chord terakhir sudah terjawab. Tinggal Menebak chord pertama.

Pada major scale : I-M, II-m, IV-M, V-M, VI-m
Kalau chord (khususnya chord pertama) terasa minor maka itu chord II atau VI.

Pada minor scale : I-m, II-dim, IV-m, V-M, VI-M
Kalau terdengar mayor maka pilihannya chord V atau VI.

Jadi triknya adalah dengarkan chord tsb apakah major or minor. Misal di major scale, lalu chord pertama minor berarti pilihannya antara chord II atau VI. Kalau terdengar major chord maka pilihannya I, IV, dan V.

8B Sight singing
– Ingat baik2 saat dimainkan starting notenya, ulangi starting note tsb dengan panjangggg supaya lebih hapal
– Ingat chord major sebagai guidance do – mi – sol
– Pertama lihat not2 yg susah (yg terlalu jauh, yg lompat jauh) hapalkan pakai bantuan jari. Kalau yg berurutan nanti saat nyanyi pasti langsung bisa.
– Trus langsung coba (diberi waktu untuk coba).
– Lihat sekilas ada yg sama gak not-nya antara kiri dan kanan, itu bisa sebagai paduan juga (biasanya di akhir pieces).
– Hati2 dengan tempo, benar2 ikuti, jangan sampai terlambat atau terlalu cepat. Panduan tempo adanya di permainan si penguji yg memainkan bagian kanan.
– Nyanyi dengan suara lantang supaya kita tidak terbawa oleh suara piano penguji yg tentunya memainkan nada2 tinggi.
– Latih nada2 1/2 laras, biasanya yg keluar itu fa#, sol#
– Sekali lagi awas ketinggalan krn temponya lumayan cepat even yg moderato.
– Kalau lagunya barok, bag akhir kadang melambat, hati2, supaya selesainya bersamaan.
– Always look abit ahead

8C Modulation
Ada 2 pieces yg diperdengarkan : 1. In major 2. In minor
Modulate to :
– Relative minor or major (ini paling mudah tp harus teliti krn terkadang perubahan not-nya itu di lower part/accompaniment)
– Dominant (terasa selesai, finish)
– Sub-dominant (agak ngambang)

8D Musical Features
– Yg harus langsung didengarkan pertama kali adalah strukturnya : ada berapa main section. Section bisa dibedakan dari : melodi-nya yg berbeda (A, B), perubahan tonality (A, B), perubahan pitch range (A, A’) perubahan dinamik (A, A’)
AB binary
ABA tenary
ABACA rondo
irregular phrase
– Kalau dari jaman barok kan langsung terdengar dari awal, nah fokus dengerin lower partnya, apakah imitation atau dia membentuk melodi sendiri atau hanya iringan.
– Hati2 juga kadang melody dimainkan di lower pitch
– Sisanya seperti texture melodi, texture accompaniment, tonality, dinamik, pitch range, tempo, mood (character), dan style-period dengan sendirinya hapal.
– Paling banyak yg bisa dibahas adalah texture, jadi jgn buru2 pindah dari texture
– Character : hati2 harus teliti jangan memberikan sifat yg bertentangan, misal permainan masih mezzoforte tp dibilang angry, tonality major tapi sad, tempo fast tapi majestic.
– Style : Barroque, Classical, Romantic, Modern 20th century.

Harus ingat 9 item ini :
1. Structure
2. Tonality (kalau di tengah lagu tidak jelas, dengarkan chord terakhirnya).
3. Texture for melody & accompaniment
4. Articulation : detached, legato, or combination of those two
5. Dynamic
6. Time
7. Mood/charachter what gives the pieces its character : is it the slow tempo make it calm, or is it the staccato articulation make it become cheerfull, etc
8. Style (jazz, swing, waltz, march, scherzo, nocturne, dance, rondo)
9. Period

Character for each period :

Barroque : limited pitch range, using a lot of ornaments, using no sustain pedal, lower part is imitation or independent melody, detached articulation, less/same dynamic through all the pieces, fast tempo (lively tempo), the melody is thin, alive character, elegant, no dischord, using no sustain pedal
Composers : JS Bach, Scarlatti, Handel

Classical : homophonic texture (melody and accompaniment), unity between melodic and accompaniment, clear cut phrase (clearer melody), melody dominate the texture, dynamic shaped from cresscendo – decresscendo, accompaniment pattern generally by chords or broken chord.
Composers : Clementi, Beethoven, Schubert, Liszt, Tchaikovsky

Romantic : cantabile melody, melody in the lower part, expressive melody, lyrical melody, rich in chromatic harmony, wide pitch range, using sustain pedal, less ornamentation, more variety dynamic, use rubato tempo.
Composers : Schubert, Chopin, Schumann

Modern 20th century : using a lot dischord (variety of chords type), irregular bar phrase, unclear phrase, got jazz or blues or swing influence, wide pitch range, contrast or sudden changing dynamic, strong in rythem or dotted rythem, sometimes the lower part as accompaniment but has a melody.
Composers : Bella Bartok, Gershwin, Bernstein, Ravel

Latih jawab pertanyaan2 aural dengan cepat karena sama sekali tidak diberikan waktu untuk berpikir. Beli CD2 aural ABRSM untuk berlatih.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s