10. Suntik Tapros

26 Januari 2015 

Suntikan tapros 3.75 mg yang pertama, suntiknya sih cuma sebentar banget gak terlalu sakit, tapi menghasilkan lebam di sekitar suntikan yang hilang dalam dua hari.

Sesuai perkataan dokter bulan pertama suntikan tapros masih mendapatkan haid, didahului sedikit flek sehari sebelumnya. Hari ketiga haid volumenya banyak banget persis saat masih punya miom. Haid nya berlangsung 4-5 hari, tapi selama beberapa minggu kedepan kadang flek tapi sedikit. 

23 Februari 2015 

Suntikan kedua dilakukan di Singapore, disini namanya Decapeptyl, harganya sangat menguras kantong 360 S$, biaya dokter 55 S$ (dihitung sebagai second consultation), dan biaya suster yang menyuntik 15 S$ so totally 430 S$. Apa boleh buat karena kalau dihitung-hitung dengan biaya pesawat pulang Jakarta akhirnya sama saja.

Beruntung Dr. Fong Yang setuju dengan lupron treatment ini, katanya untuk endometriosisnya, persis sama dengan yang dikatakan Dr. Wachyu H. Tadinya sempat bingung bagaimana kalau disini mengatakan tidak perlu lupron.

Seminggu pasca suntik Decapeptyl belum terasa efek yang terlalu berarti. Hanya kadang badan terasa panas sesaat, apa ini yang disebut hot flush gak tau juga. Dengkul kadang terasa sedikit linu tapi sejak kecil memang sudah begini dengkulnya lanjut hingga sekarang dengkul terasa linu kalau haid hari pertama. Sempat tanya ke Dr. Fong Yang apa perlu mengkonsumsi kalsium. Katanya tidak perlu kalau suntiknya hanya 3 bulan. Kalau lebih dari itu baru perlu mengkonsumsi kalsium.

23 Maret 2015

Balik ke Jakarta untuk suntik Lupron yang ketiga. Dikasih suplemen kalsium untuk 40 hari dan esthero 0.625 mg (estrogen) sebagai add back therapy selama 28 hari.

Boleh mulai promil Juni 2015, enam bulan pasca operasi. Kalau belum berhasil hamil maka November 2015 balik lagi ke dokter nanti dibantu dengan obat2an.

Pasca Lupron/Tapros

24 April 2015 persis satu bulan setelah suntikan ketiga keluar flek selama 3 hari diikuti pink spot selama 3 hari kemudian, gak ngerti apakah bisa dikategorikan dengan haid *mikir keras*.

Dua puluh delapan hari kemudian haid belum kunjung datang. Payudara sempat kencang selama seminggu, cek body basal temperature juga mulai merambat naik melampaui suhu saat treatment. 

05 Juni 2015 akhirnyaaaaa haid datang siang ini, gak terasa apa2 gak mules dan gak banyak. 

4 thoughts on “10. Suntik Tapros

  1. Mba, kenapa laparotomi harus suntik tapros juga ya? bukannya laparoskopi dengan diagnosa endometriosis (kista coklat) yang biasanya harus suntik tapros?

    terima kasih untuk jawabannya, sehat selalu and keep strong

    1. Dokter yakin sekali kalau kista coklat yg saya punya dalam 6 bulan akan tumbuh kembali, kalau disuntik tapros kemungkinan untuk tumbuh lebih kecil malah mungkin bisa bertahan hingga 5 tahun sehingga diharapkan memiliki cukup waktu untuk hamil.

  2. ooh gitu,
    saya penderita kista padat, tapi belum berani untuk melakukan laparotomi/laparoskopi. Btw trims ya mba udah share, jd bisa membuka wawasan🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s