Risoles Rogout Ayam

Acara memasak hari ini yang patut didokumentasikan šŸ˜‚ bikin risoles dari pk. 11.30 baru kelar pk. 16.30 termasuk balik lagi ke supermarket untuk beli fresh milk tambahan.

Ini percobaan yang kedua. Percobaan pertama gagal kulitnya kaku susah dilipat hahaha tapi waktu itu bikinnya cuma sedikit dan isinya pake ham kalkun dan telur rebus.

Kali ini yang pertama dimasak adalah isinya karena katanya isinya itu harus didinginkan dulu sebelum dipakai agar tidak cepat basi. Dan gara2 nambahin daging ayamnya melebihi resep alhasil jadinya buanyakkk banget.

Bahan isi & Cara memasak : tumis bawang bombay cincang (1/2 siung) hingga wangi. Boleh dengan minyak maupun margarin. Setelah wangi masukan terigu 3 sdm aduk hingga menggumpal. Masukan kaldu ayam 2 gelas sambil terus diaduk hingga menjadi seperti pasta (kental). Tambahkan gula, garam, lada, dan pala. Kalau saya tadi bikin agak manis. Lalu setelah itu masukan wortel yang sudah dipotong dadu secukupnya dan lalu masukan rebusan daging ayam yang sudah disuwir-suwir (150 gram sajaaa). Masak 5 menit hingga wortel setengah matang. Diamkan hingga dingin 

Ini penampakan isinya :

  
Sekarang kita buat kulitnya, adonan tidak boleh terlalu encer maupun terlalu kental. Kalau robek berarti adonan terlalu encer maka solusinya tambahkan terigu. Kalau terlalu tebal dan kaku berarti terlalu kental makan tambahkan air.

Bahan kulit :

  • Telur 1
  • Susu cair 350 ml
  • Terigu 150 gram
  • Minyak 2 sdm

Cara membuat :

  1. Kocok telur, susu, dan minyak hingga tercampur rata, masukan terigu sambil terus diaduk hingga licin. Diamkan 5 menit lalu kembali aduk nanti adonan jadi tambah halus.
  2. Oles pan dengan minyak lalu buat dadar tipis. Ukuran saya tadi 2 sendok sayur (bukan yang cekung) per dadar dengan pan ukuran sedang.

  

Setelah didiamkan hingga semuanya dingin (saya pake kipas angin) lalu dibuat deh risolesnya :

  
Lalu masukan satu persatu risoles ke dalam kocokan telur (saya tambahkan air supaya irit) lalu gulitkan di tepung roti (saya pakai biskuit marie regal yang sudah dihaluskan lebih manis dan wangi).

  
Jadi ya pitakan karena udah capekkk bikinnya. Harusnya minyak diganti kalau sudah banyak remahan tepung roti. Dan harusnya tepung roti yang sudah menggumpal dibuang ganti baru supaya rata tapi ya itu karena udah capek ya diteruskan saja. 

Cuapekknya seharian masak dari pagi. Ayam bumbu kuning, sopa sayur, risoles, tumis pare pake telur šŸ˜‚šŸ˜….

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s